Tutorial Membuat Rangkaian Sederhana Menggunakan Eagle

 on Friday, 4 November 2016  

    EAGLE [Easily Applicable Graphical Layout Editor] merupakan editor grafik untuk membuat skema elektronik serta layout PCB-nya. Sebenarnya ada banyak sekali software sejenis yang mempunyai fungsi sama seperti EAGLE, seperti PCB designer, Electronic Work Bench, Proteus, Orcad, Protel. Tetapi EAGLE mempunyai beberapa kelebihan clibandingkan dengan software grafik yang lain. Salah satunya adalah EAGLE merupakan software gratis yang bisa bekerja pada platform Windows maupun Linux. Hal inilah yang menyebabkan EAGLE lebih banyak digemari daripadan software lainnya. Kemudian software EAGLE ini hanya membutuhkan space harddisk kosong minimal 50 Mbyte sehingga ticlak terlalu memberatkan kerja komputer. Beberapa fitur-fitur EAGLE lainnya antara lain: 

a. Tampilan ruang kerja EAGLE cukup simple clan perintah-perintahnya juga interaktif
b. Mendukung tipe pad PCB jenis SMD [Surface Mount Device!
c. Mendukung multi layer [15 layer]
d. Mampu memeriksa jalur yang tumpang tindih, ukuran clan jarak anlar-jalur dan lain-lain
melalui DRC (Design Rule Check]
e. Tidak ada bnatasan penerrpatan kompunen 

    Aplikasi EAGLE ini bisa digunakan untuk membuat skematik rangkaiannya maupun layout PCB-nya. Kelemahan dari EAGLE ini adalah tidak menawarkan simulasi rangkaian, seperti Proteus sehingga bagi sobat yang ingin membuat suatu rangkaian yang dapat disimulasikan, maka Proteus bisa jadi pilihan. Ada beberapa tool dalam EAGLE yang sering digunakan untuk merancang Iavout rangkaian. Tool ini biasanya iadi satu dalam Too|Box, Ietaknva di sebelah kiri Iayar. Untuk memulai aplikasi EAGLE di komputer, klik Start>Pr0gram>EAGLE Layout Editor...>EAG LE... sehingga akan muncul window Control Panel

Tutorial Membuat Rangkaian Sederhana Menggunakan Eagle

Untuk mernbuat file baru, misal file skematik. > menu Fi|e>New>Schematic. Kemudian akan
muncul ruang keria dari EAGLE

Tutorial Membuat Rangkaian Sederhana Menggunakan Eagle

Sebagai pemanasan aja, kita coba buat suatu rangkaian vuk. Yang sederhana aja, ga perlu yang susah-susah. Yang panting sobat  pahami dulu gimana cara menggunakan EAGLE ini. Let's and go...
Sebagai contoh kita akan membuat rangkaian lampu flip-flop yaitu lampu yang bisa berkedip bergantian
Tutorial Membuat Rangkaian Sederhana Menggunakan Eagle
iangsung saja, pertama kita buka aplikasi EAGLE dulu, caranya seperti di atas. Seteiah pmh New >>
Schematic, kemudian rnuncul worksheetnva, rnaka kita sudah siap untuk rnembuat. Kemudian klik icon add pada toolbox, rnaka akan muncul jendela ADD. Kita iihat di sisi kiri ada banyak sekali nama-nama kornponen. Biar tidak bingung, ketik aja kornponen yang kita perlukan di bagian Search. ingat kita hanya bisa menuliskan satu jenis nama kornponen saja. ok,  ketik komponen pertarna yang kita perlukan, yaitu resistor. Kemudian tekan enter, maka akan muncul nama-nama yang mengandung kata resistor.

Tutorial Membuat Rangkaian Sederhana Menggunakan Eagle
Kita pilih resistor, klik tanda segitiga di sebelah kiri  kata resistor agar muncul isi-isi di clalamnya. Lalu pilih R-EU (Resistor European Symbol}. Lalu pilih resistor tipe 0207/10. 0207/10 artinya resistor tipe 207 dengan panjang badan 10 mm. Kemudian klik OK atau enter. Letakkan komponen yang sudah dipilih tadi ke layer.

Tutorial Membuat Rangkaian Sederhana Menggunakan Eagle

Kemudian kita cari komponen Iagi. Tapi sebelumnya tekan tombol Esc dulu di keyboard, maka jendela ADD tadi akan muncul Iagi. Seperti ketika mencari resistor tadi, sekarang ketik capacitor dan tekan enter. Karena komponen kapasitor yang dipakai adalah kapasitor polar, maka pilih rcl >> CPOL-EU >> CP..E2,5-7. Tipe kapasitor yang kita pilih adalah E2,5-7, yaitu kapasitor dengan Iebar kaki 2,54 mm dan diameter badan 7 mm. Lalu klik OK dan tempatkan komponen di layar.

Tutorial Membuat Rangkaian Sederhana Menggunakan Eagle


Tekan Esc lagi, sekarang mencari LED dan transistor. Untuk LED pilih led >> LED >> LED5MM. Sedangkan untuk transistor pilih transistor NPN, pilih yang tipenya T092. Kemudian kita cari juga untuk VCC dan groundnya {GND --> kata kunci di EAGLE]. Untuk menghentikan ADD, kita tekan Esc lalu klik Cancel.
Setelah semua komponen terkumpul, selanjutnya kita susun letaknya. Jika masih kurang, misalnya resistornya kurang 3, maka tinggal digandakan saja. Caranya klik kanan komponen resistor atau komponen yang Iain kemudian pilih Copy. Kemudian untuk memindah atau menggeser Ietak komponen gunakan Move. Untuk memutar atau rotasi komponen, caranya dalam posisi memindah klik kanan mouse, maka komponen akan Iangsung memutar searah jarum jam. Kemudian untuk menggeser lebih dari satu komponen, kita pakai icon Group Ialu drag kursor sampai muncul kotak yang melingkupi komponen yang akan |<ita pindah. Kemudian k|i|< kanan pada sisi kosong, tapi masih dalam lingkup seleksi, pilih lV|ove:Group. Setelah semua komponen terpenuhi dan letaknya sudah pas. Sekarang kita mulai menghubungkan tiap komponen, sebut saja wiring atau penjaluran. Kalau di EAGLE, jalur ini disebut net. Kita gunakan icon Net untuk melakukan proses wiring ini. Pastikan semua jalur terhubung dengan benar. Apabila net dengan net dihubungkan maka akan ada junction (bulatani di titik pertemuannya. Untuk memastikan lagi, cara pertama geser-geser komponen dilihat apakah sudah nyambung atau belum. Cara kedua kita klik icon Errors, dengan icon ini akan diketahui mana saja yang masih putus. Setelah semua komponen berhasil dihubungkan Iengkap dengan VCC dan groundnya. Selanjutnya kita beri nilai atau value pada resistor dan kapasitor. Tujuan pemberian nilai ini adalah agar Iebih memudahkan kita dalam menganalisis rangkaian tersebut. Kita gunakan icon Value atau klik kanan komponen kemudian pilih Value. Sesuai gambar nilai resistor adalah 22 Kohm dan 150 Ohm Ialu kapasitornya 47 uF. Berikut adalah skematiknya yang sudahjadi:

Tutorial Membuat Rangkaian Sederhana Menggunakan Eagle

Gambar di atas adalah hasil gambar skema lampu flip-flop yang di buat pada program eagle. Demikian tutorial ini semoga dapat membantu.

Sumber : jurnalistrik.blogspot.com
Tutorial Membuat Rangkaian Sederhana Menggunakan Eagle 4.5 5 Cakrawala Enterprise Friday, 4 November 2016     EAGLE [Easily Applicable Graphical Layout Editor] merupakan editor grafik untuk membuat skema elektronik serta layout PCB-nya. Sebenarn...


No comments:

Post a Comment