Cara Mudah Partisi Hardisk Komputer

Generating Link...
    Oke sob.. Pda tutorial kali ini saya akan share bagaimana cara mempartisi hardisk komputer.. Bagi rekan pemula tentunya bingung bagaimana cara membagi partisi hardisk komputer padaha kondisi hardisk maih baru dan belum terdapat satu pun bagian pertisi pada hardisk tersebut. Pada tutorial tang saya terapkan kali ini adalah mempartyisi menggunakan Windows7.

Apa Itu Partisi ?
Setiap OS ( Operation System ) memiliki istilah tersendiri untuk menyebut partisi. Contohnya, MS-DOS istilah yang dipakai yakni partition, pada keluarga Windows NT istilah yang dipakai volume. Mengapa demikian? Itu disebabkan  Windows NT memilik kemampuan untuk menyusun} suatu volume yang terdiri daribeberapa ruang partisi terpisah

Gegunaan Mem-Partisi Hardisk
1. Apabila ukuran hardisk terlalu besar, maka buatlah harisk menjadi beberapa  partisi/ membagi hardisk menjadi beberapa ruang drive. Ini bertujuan agar lebih memdudahkan windows untuk mengindex file di drive komputer. Dan ini akan memudahka untuk mencari file karena setap file akan kita simpan dalam partisi tertentu . 

Sebagai contoh kita akan membuat partisi hardisk menjadi 3 bagian 
> PARTISI C : Kita isi partisi ini dengan OS ( Operation System ) Windows7 dan berbagai aplikasi
> PARTISI D : Kita isi dengan dokumen 
>PARTISI E: Kita isi dengan file-file seperti music, video Dan lain sebagainya. Itu akan lebih mempermudahkan kita dalam mencari file tersebut

2. Seandainya partisi/drive C terkena virus (Sebagai contoh Drive berisi system windows ),  secara otomatis drive yang lainnya akan aman walaupun kita melakukan format di Drive C. 

3. Bisa menginstall lebih dari satu OS di dalam hardisk SOBAT  tanpa kwatir terjadinya tumpang tindih file, misalnya : drive C berisi Windows 7, drive D berisi Linux, Sehingga dengan meamanfaatkan sebuah hardisk kita bisa meng install beberapa OS.

Ada beberapa hal atau istilah dalam melakukan partisi  hardisk

> (Delete Volume) menghapus/membuang partisi hardisk
> (Shrink Volume) memperkecil ukuran ruang partisi hardisk
> (Extend Volume) memperbesar ukuran ruang  partisi hardisk
> (New Volume) menciptakan partisi baru dengan memformat hardisk

Catatan:
Dalam mempartisi hardisk alangkah baiknya berhati-hati supaya data penting sobat aman dan tidak terhapus, sedangkan hardisk  normal. Backup lah dahulu data data yang ada di hardist , ini untuk jagaga apabila terjadi sesuatu hal yan tidak di inginkan 

Baiklah sob.. kita langsung aja ke tutorialnya . Slahkan ikuti langkah berikut seandainya sobat ingin mencoba untuk mempartisi hardisk sobat.

1. Pada icon start windows 7 terdapat kotak pencarian   Search, disitu ketik computer management lalu takan enter, lihat gambar di bawah.
2. Kemudian Plih Disk management lalu Pilih sebuah drive/ partisi yang akan di resize/diberi ukuran ruang. Seandainya pada komputer sobat cuma terdapat drive C saja (belum dipartisi) karenanya klik drive C, lalu klik kanan.
3. Kali ini saya akan membuat contoh mebuat hardisk menjadi dua partisi yaitu C dan D tentunya ini di windows7. Klik kanan pada Drive C lalu pilih shrink Volume ( lihat gambar di bawah )

Cara Mudah Partisi Hardisk Komputer

4. Silahkan tunggu sampai proses selesai
5. Setelah proses selesai akan muncul gambar dialog seperti pada gambar dibawah :

Cara Mudah Partisi Hardisk Komputer


Pada kotak dialog" Enter the amount of space to shrink in MB" Isikan angka yang sesuai  dengan ruang hardisk, disini kita bisa mengisi nilai  sama atau lebih kecil dari hasil query.

6. Pada tutorial kali ini saya akan memberikan contoh memberi ruang space sekitar 5000 MB ( 5 GB)
kemudian  Klik tombol SHRINK
7. Drive C di Window7 sudah berhasil dibuat dengan ukuran lebih kecil  menjadi 34,35 GB, dan memiliki sebuah ruang kosong yang bisa dipegunakan mejadi partisi baru.
Sekarang Sobat sudah berhasil membikin ruang kosong pada hardisk tersebut, dan ruang kosong terbut belum bisa dibaca oleh windows explorer.

8. Langkah selanjutnya  Klik kanan pada free| spaces lantas anda Pilih New Simple Volume

Cara Mudah Partisi Hardisk Komputer


9. Kemudian Klik Next
10. Selesai

Demikian tutorial cara mempartisi hardtisk komputer.. Semoga bermanfaat