Rangkaian Skema Crossover Pasif Untuk Amplifier

Generating Link...
   Rangkaian Skema Crossover Pasif Untuk Amplifier - Rangkaian crossover pasif berfungsi untuk memisahkan nada pada pada keluaran suara di  loud speaker. Rangkaian crossover pada gambar dibawah yakni tipe crosover pasif yang acap kali dipasang di box speaker 2 arah dan berfungsi untuk memisahkan nada treble dan bass supaya di filter  secara optimal oleh loud speaker tweeter dan woofer. 

 Rangkaian Skema Crossover Pasif Untuk Amplifier ini diciptakan memakai kombinasi resistor, induktor dan kapasitor (RLC). Kombinasi rangkaian resistor induktor dan kapasitor pada rangkaian crossover pasif ini yakni rangkaian fase filter high pass dan fase filter  low pass. Untuk lebih jelasnya dalam membikin rangkaian crossover pasif 2 arah ini bisa diperhatikan skema rangkaian dan komponen|bagian yang diterapkan sebagai berikut. 

Rangkaian Skema Crossover Pasif Untuk Amplifier
Rangkaian Skema Crossover

Fungsi Crossover Pasif Untuk Amplifier 

Pada gambar diatas bisa diterapkan sebagai saringan nada bass dan treble pada box loud speaker 2 way. Fungsi rangkaian crossover pasif ini selain memisahkan nada treble dan bass supaya disesuaikan dengan  speaker yang dipakai juga untuk melindungi loud speaker tweeter yang tak boleh diberi sinyal output nada bass 

sebab kumparan speaker tipe tweeter akan rusak atau terbakar jikalau terkena tegangan output power amplifier dengan nada rendah (frekuensi rendah). Sebab rangkaian crossover diatas yakni crossover tipe pasif, karenanya rangkaian crossover hal yang demikian tak perlu atau tak {memerlukan  tegangan sumber untuk beroperasi, jadi bisa seketika disambungkan ke loud speaker dan dikasih sinyal input dari power amplifier.